Banjarbaru- Fakultas pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berupaya menciptakan lulusan yang berkualitas dan berwawasan luas. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti kuliah umum, webinar, seminar dan lainnya dengan melibatkan mahasiswa secara aktif; diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara rasional dan daya analitik mahasiswa. Menindaklanjuti hal tersebut, Jumat 22 Maret 2024 bertempat di Ruang Supardi I, Fakultas Pertanian ULM menyelenggarakan kuliah umum seri I dengan tema “Kebijakan Sektor Pertanian Untuk Mendukung Keberlanjutan Pangan Dalam Perspekstif Hukum Pidana”. Pemilihan tema tersebut sangat relevan dimana kebijakan pertanian merupakan center untuk mencapai tingkat ekonomi petani lebih baik dan terwujudnya kesejahteraan yang lebih tinggi secara bertahap dan kontinu.

Dekan Fakultas Pertanian yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr.Ika Sumantri S.Pt, M.Si.,M.Sc dalam sambutannya menegaskan bahwa kuliah umum telah menjadi bagian integral pendidikan tinggi. Oleh karena itu mahasiswa sebagai agent of change perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan sehingga mampu melihat realita dari berbagai lensa disiplin ilmu. Melalui kuliah umum juga mahasiswa dapat menemukan minat baru yang mungkin belum pernah mempertimbangkan sebelumnya. Ini bisa menjadi trigger untuk mengejar jalur karier yang berbeda atau bahkan menggabungkan dua bidang studi (diperoleh dalam kelas dan kuliah umum) yang tampaknya berbeda  namun memiliki relevansi yang mendalam.

Gambar: Wakil Dekan Bidang Akademik Membuka Acara Kuliah Umum Secara Resmi.

Dalam pemaparannya Dr.Trisna Agus Brata,S.H.,M.H menyampaikan secara rinci pentingnya sektor pertanian-pangan bagi Indonesia sebagai bangsa besar. Dimana pangan merupakan kebutuhan dasar manusia dan upaya pengembangan pertanian yang baik tidak terlepas dari kebijakan yang mengcover sub-sektor pertanian hulu-hilir. Kebijakan pertanian memiliki banyak peran penting baik dalam konteks ekonomi, sosial dan lingkungan. Sekurang-kurangnya melalui kebijakan pertanian yang ketat dapat mewujudkan ketahanan pangan, pembangunan ekonomi merata (upaya pengentasan kemiskinan), pengelolaan sumberdaya alam teratur, mewujudkan keadilan Sosial. Dengan kebijakan pertanian yang tepat juga akan memudahkan tercapainya pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan pendapatan  masyarakat.

Gambar:  penyerahan cenderamata oleh Wakil Dekan Bidang Akademik kepada Pemateri

Fakultas pertanian ULM melihat bahwa kebijakan pertanian memiliki dampak yang luas dan penting dalam menentukan keberhasilan sektor pertanian. Mahasiswa pertanian sebagai calon petani milenial yang akan berhadapan dengan petani di desa nantinya perlu memahami hal itu. Diakhir kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi secara interasktif dan mahasiswa mendapat pencerahan atas pertanyaan perihal persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat dan langkah konkrit hukum yang harus ditempuh. Kedepannya Fakultas Pertanian akan menyelenggarakan kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan setelah lulus.

Pantau terus IG Fakultas Pertanian dan Website untuk memperoleh informasi kegiatan selanjutnya.