Pada 27 Mei 2022, Fakultas Pertanian ULM menyelenggarakan kuliah umum seri ke-17. Kuliah umum kali ini mengundang Bapak Dr. Mustafril, S.T., M.Si, yang merupakan Pengembang minyak atsiri. Pada kuliah umum ini Bapak Mustafril memaparkan tentang peluang dan pengembangan bisnis minyak atsiri di Indonesia. Beliau menyampaikan tentang berbagai komoditas tanaman di Indonesia yang memiliki rendemen atsiri dan nilai jual yang cukup tinggi. Penyampaian pohon industri komoditas sumber atsiri potensial juga menambah khasanah para peserta kuliah umum.

Kuliah umum seri ke-17 ini dibuka oleh Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Faperta ULM yaitu Ibu Mira Yulianti, S.P., M.Si, beliau sangat antusias terhadap materi ini. Beliau mengharapkan dari kuliah umum kali ini bisa menumbuhkan kesadaran peserta dalam memaksimalkan potensi komoditas minyak atsiri di Indonesia. Secara khusus, beliau mengharapkan mahasiswa dapat mengambil tema yang berkaitan dengan minyak atsiri dari hulu hingga hilir untuk bahan tugas akhir. Hal ini karena, Indonesia memiliki kekayaan sumber atsiri yang begitu beragam dan melimpah, sedangkan sebagian besar belum banyak dieksplorasi.

Peserta kuliah umum kali ini berasal dari berbagai kalangan dan asal daerah. Jumlah peserta yang hadir yaitu sekitar 88 orang. Hal ini menunjukkan tema ini sangatlah penting dan menarik untuk dibahas. Selain mahasiswa, kuliah umum juga dihadiri oleh berbagai pihak dari instansi daerah dan lembaga swasta di luar Universitas Lambung Mangkurat.

Related Posts