Pada 19 Mei 2022, Fakultas Pertanian ULM menyelenggarakan kuliah umum seri ke-16. Kuliah umum kali ini mengundang Bapak Dr. Ir. Wahyu Darsono, yang merupakan Ranch Manager, Palm-Cow Integration Department, PT. Buana Karya Bhakti. Pada kuliah umum ini Bapak Wahyu memaparkan tentang prospek perkebunan sawit terintegrasi dengan peternakan sapi. Bapak Wahyu menekankan bagaimana potensi dan implementasi perkebunan sawit untuk peternakan dalam mendukung Indonesia 4.0 to 5.0. Manajemen ternak pada integrasi sawit sapi didasarkan pada konsep sawit sebagai tuan rumah dan sapi sebagai tamu. Sehingga, integrasi tersebut menciptakan hubungan tamu yang baik tidak menganggu tuan rumah, dan tuan rumah yang baik adalah yang mampu melayani tamu.

Kuliah umum seri ke-16 ini dibuka oleh Wakil Dekan Faperta ULM bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Bapak Dr. Ika Sumantri, S.Pt., M.Si., M.Sc., IPM., beliau sangat antusias terhadap materi ini. Beliau mengharapkan dari kuliah umum kali ini bisa menumbuhkan kesadaran peserta dalam memaksimalkan potensi perkebunan kelapa sawit khususya di Kalimantan Selatan. Secara khusus, Wakil Dekan mengharapkan integrasi sawit sapi ini dapat menumbuhkan kesadaran para praktisi sawit dan akademisi dalam mendukung pengelolaan perkebunan sawit secara berkelanjutan. Hal ini karena, Kalimantan Selatan juga memiliki luas perkebunan kelapa sawit yang cukup besar dan sebagian besar belum mengimplementasikan integrase sawit sapi tersebut.

Peserta kuliah umum kali ini berasal dari berbagai kalangan dan asal daerah. Jumlah peserta yang hadir yaitu sekitar 256 orang. Hal ini menunjukkan tema ini sangatlah penting dan menarik untuk dibahas. Selain mahasiswa, kuliah umum juga dihadiri oleh berbagai pihak dari instansi daerah dan lembaga swasta di luar Universitas Lambung Mangkurat.

Related Posts