Pada 30 Maret 2022, Fakultas Pertanian ULM menyelenggarakan kuliah umum seri ke-15. Kuliah umum kali ini mengundang Bapak Teuku Budi Hermawan, yang merupakan Owner dan Roaster Tone Coffe Roaster, Marketing Garo Coffee. Bapak Budi seorang wirausahawan yang konsern di komoditas kopi, khususnya kopi gayo di Aceh. Pada kuliah umum ini Bapak Budi memaparkan tentang potensi dan bagaimana pengelolaan kopi secara komprehensif dari hulu hingga ke hilir. Potensi pengembangan varietas kopi di setiap daerah berbeda-beda tergantung iklim dan topografi daerah tersebut. Hal ini lah yang menjadikan ciri khas setiap kopi dari masing-masing daerah. Penanganan kopi juga akan berbeda tergantung tujuan pemasarannya. Kopi dapat dipasarkan berupa biji kopi, serbuk, konsentrat, maupun dalam kemasan siap saji.

Kuliah umum seri ke-15 ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Faperta ULM yaitu Bapak Ir. Arief RM Akbar, M.Si, IPU. beliau sangat antusias terhadap materi ini. Beliau mengharapkan dari kuliah umum kali ini bisa menumbuhkan kesadaran peserta dalam memanfaatkan potensi kopi khas daerah masing-masing khususya di Kalimantan Selatan. Secara khusus, Bapak Wakil Dekan mengharapkan ada beberapa mahasiswa yang megikuti jejak Pak Budi sebagai enterpreneur. Hal ini karena, Kalimantan Selatan juga memiliki potensi yang memadai secara iklim maupun lahan.

Peserta kuliah umum kali ini berasal dari berbagai kalangan dan asal daerah. Jumlah peserta yang hadir yaitu sekitar 110 orang. Hal ini menunjukkan tema ini sangatlah penting dan menarik untuk dibahas. Selain mahasiswa, kuliah umum juga dihadiri oleh berbagai pihak dari instansi daerah dan lembaga swasta di luar Universitas Lambung Mangkurat.

Related Posts