Visi Prodi Agribisnis

Visi PS Agribisnis dalam jangka waktu 5 tahun ke depan (2010 – 2015), sebagai bagian dari Fakultas Pertanian Univ. Lambung Mangkurat, adalah:

Menjadi program studi yang unggul dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam upaya menghasilkan sarjana dan sumberdaya manusia yang bermoral, berkualitas baik, berwawasan dan berkemampuan iptek khususnya di bidang agribisnis, serta memiliki kemandirian dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi dengan orientasi pada pertumbuhan dan pemerataan menuju peningkatan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan sesuai dengan  kebutuhan pembangunan nasional dan  regional.

 

Misi Prodi Agribisnis

Misi yang diemban adalah :

  1. Memantapkan penyelenggaraan pendidikan agribisnis yang mampu menghasilkan sarjana berkualitas dan mumpuni untuk mendukung pembangunan nasional.
  2. Menjadikan PS Agribisnis sebagai program studi yang unggul baik dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat mempercepat proses dan transfer teknologi menuju inovasi teknologi di bidang agribisnis.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan serta kemampuan keilmuan dan kewirausahaan di bidang agribisnis yang berdaya saing tinggi di pasar regional dan nasional.

 

Tujuan Prodi Agribisnis

  1. Menghasilkan sarjana yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki semangat dan kemampuan ilmiah, professional  dan daya saing tinggi serta mampu menerapkan dan mengembangkan keahliannya untuk memecahkan berbagai permasalahan agribisnins baik secara lokal mapun nasional.
  2.  Mampu menyelenggarakan program pendidikan tinggi tingkat sarjana agribisnis yang berkualitas tinggi serta efisien, baik dan tanggap terhadap perubahan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian iptek agribisnis serta publikasi ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional untuk menghasilkan karya intelektual sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan global.
  4. Menciptakan suasana akademik yang mampu mendorong berkembangnya aktivitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat dibidang agribisnis.
  5. Mendorong kerjasama yang erat dengan instansi terkait yang sangat luas dan berkecimpung dengan tugas pengembangan agribisnis untuk memecahkan masalah dalam peningkatan produktivitas dan kualitas serta keragaman jenis  produk yang memberi nilai tambah bagi perekonomian.