SEJARAH

SEJARAH FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

 

Universitas Lambung Mangkurat didirikan oleh yayasan yang diberi nama  “Yayasan Akademi Perniagaan Kalimantan” dengan Akte Notaris Nomor 24 tanggal 21 September 1956. Pendirian Yayasan yang diprakarsai oleh Milono (pada saat itu sebagai Gubernur Kalimantan yang juga lebih dikenal sebagai Bapak Pendidikan di Kalimantan), pejabat pemerintah lainnya, masyarakat dan pengusaha-pengusaha nasional Kalimantan. Yayasan ini bertujuan untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi yang berlokasi di Banjarmasin.  Pada tanggal 7 Februari 1957, Yayasan Akademi Perniagaan Kalimantan resmi mendirikan Akademi Perniagaan Kalimantan (APK) dengan tujuan khusus, yaitu mendidik tenaga ahli dalam bidang perekonomian atau perniagaan dan mengisi kepentingan-kepentingan yang praktis bagi masyarakat daerah Kalimantan.

Pada tanggal 3–10 Maret 1957 diadakan reuni Kesatuan TNI Divisi Lambung Mangkurat di Kandangan.  Reuni ini bertujuan untuk memperingati Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan, sekaligus merencanakan pembangunan daerah Kalimantan.  Dari hasil reuni ini dibentuklah Dewan Lambung Mangkurat. Dewan ini kemudian membuat rencana pembangunan Kalimantan.  Salah satu adalah mendirikan sebuah perguruan tinggi yang diberi nama Universitas Lambung Mangkurat.  Dewan ini juga membentuk Panitia Persiapan Pembentukan Universitas Lambung Mangkurat pada tanggal 1 September 1958 yang berkedudukan di Banjarmasin. Sebagai ketua umum Let. Kol. Hassan Basry dan Sekretaris Umum Kho Boen Tian. Pelindung/penasehat K.H. Idham Khalid (Wakil Perdana Menteri II Republik Indonesia), Ir. Pangeran Muhammad Noor (Menteri PU dan Tenaga Republik Indonesia), Kol. Kusno Utomo (Panglima TT VI, Tanjung Pura), Milono (Kepala Daswati I Jawa Timur dan Mantan Gubernur Kalimantan  Selatan dan Bapak Pendidikan Kalimantan yang telah mendirikan perkampungan pelajar Mulawarman), M.R. Burhanuddin (Direktur Bank Indonesia) dan H.M. Hanafiah (Mantan Menteri Agraria).

Selain dengan pembentukan panitia tersebut dibentuk juga panitia penyelenggara pembukaan Universitas Lambung Mangkurat yang diketuai oleh ketua umum Mayor Abdul Wahab Syahrani dan sekretaris A. Syari’ie Musaffa yang bertugas dalam penyelenggaraan pembukaan Universitas Lambung Mangkurat

Pada tanggal 21 September 1958 jam 10.00 Wit bertempat di Pasanggrahan Negara Jalan Tugu Banjarmasin (Jalan Lambung Mangkurat Sekarang), Panitia Persiapan Pembentukan Universitas Lambung Mangkurat meresmikan berdirinya Universitas Lambung Mangkurat (pada saat itu berstatus swasta). Pada saat didirikan Universitas Lambung Mangkurat mempunyai 4 (empat) Fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial dan Politik, serta Fakultas Islamologi. Dengan pembentukan Universitas Lambung Mangkurat itu, tugas panitia telah selesai dan selanjutnya diserahterimakan kepada Yayasan Perguruan Tinggi Lambung Mangkurat yang didirikan dengan Akte Notaris No. 57 tanggal 12 Februari 1959.

Pada tanggal 1 Nopember 1960, atas usaha Pemerintah daerah Tingkat I Kalimantan Selatan dan Yayasan perguruan Tinggi Lambung Mangkurat, Universitas Lambung Mangkurat diresmikan menjadi Universitas Negeri di Kalimantan Selatan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (PP No.41 Tahun 1960 tanggal 29 Oktober 1960), dengan Rektor Unlam (pada saat itu disebut dengan Presiden Universitas Lambung Mangkurat) yang pertama Brigjen H. Hasan Basry (1960 – 1963).

Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat didirikan atas dasar Peraturan Pemerintah No. 41/1960 tanggal 29 Oktober 1960, berkedudukan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.  Fakultas ini secara resmi dibuka pada tanggal 3 Oktober 1961 di Banjarbaru oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Prof. Dr. Ir. Toyib Hadiwidjaja.  Pendirian Fakultas Pertanian ini terlaksana berkat kerjasama antara Yayasan Perguruan Tinggi Lambung Mangkurat dan pimpinan Fakultas Pertanian Universitas Pertanian di Bogor. Pada saat itu Presiden Universitas dijabat oleh Brigadir Jenderal Haji Hasan Basry yang merangkap sebagai Dekan Pertama Fakultas Pertanian Unlam.  Sekretaris Fakultas dijabat oleh Ir. Sampe Tanapa.

Dari tahun 1961 sampai dengan tahun 1965 kegiatan kuliah dan praktikum dilaksanakan di Gedung Departemen Perdagangan  yang terletak di sebelah Barat lapangan dr. Murjani, Banjarbaru. Sejak tahun 1965 sampai sekarang kegiatan tersebut dilaksanakan di kampus Unlam di Simpang Empat Banjarbaru.  Pada periode tahun 1964-1966 mahasiswa tingkat Sarjana Muda dikirim ke Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melaksanakan praktikum dan mengikuti kuliah beberapa mata kuliah, karena fasilitas dan staf pengajar Fakultas Pertanian Unlam belum memadai.  Selanjutnya pada periode tahun 1968 – 1969, karena masih kekurangan fasilitas dan staf pengajar, fakultas mengirim sejumlah mahasiswa tingkat doktoral ke IPB dalam rangka afiliasi.

Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, Fakultas Pertanian Unlam telah beberapa kali mengadakan penyesuaian program studi. Sejak tahun 1961 sampai dengan Tahun 1977 sistem yang dianut adalah sistem generalis dimana kurikulum yang disediakan hanya satu macam saja.  Pendidikan direncanakan berlangsung selama 5 tahun, yang terdiri dari tingkat persiapan satu tahun, tingkat sarjana muda dua tahun, dan tingkat doktoral dua tahun.  Tiap tahun terbagi atas dua semester.  Dalam sistem tersebut komposisi studi tingkat doktoral terdiri atas satu mata kuliah pokok, dua mata kuliah pilihan dan tiga mata kuliah tambahan.   Komposisi ini kemudian pada tahun 1975 dimodifikasi menjadi satu mata kuliah pokok, satu mata kuliah pilihan dan empat mata kuliah tambahan.  Pada komposisi yang pertama maupun yang kedua disertai dengan Praktikum Umum dan Mata Kuliah Metodologi Penelitian.

Pada tahun 1977 digunakan sistem pandidikan terminal.  Pada sistem ini, pendidikan terbagi atas dua program yakni Program Pendidikan B.Sc dan Program Pendidikan Insinyur. Dalam sistem ini selama empat semester pertama mahasiswa mendapat mata kuliah dasar, kemudian mulai semester V masuk ke jurusan yang tersedia, yaitu Jurusan  Hayat, Jurusan Hama dan Penyakit, Jurusan Agronomi, Jurusan Sosial Ekonomi dan Jurusan Ilmu Tanah. Program B.Sc. direncanakan selama delapan semester dan Program Insinyur selama empat semester.

Sejak tahun 1980, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0124/U/1979 tanggal 6 Juni 1979, Fakultas Pertanian Unlam melaksanakan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam Program Sarjana Stratum I.  Dalam program ini, untuk mencapai gelar sarjana, seorang mahasiswa minimal  telah memperoleh satuan kredit 144 SKS yang tercakup dalam delapan semester.  Pada semester I sampai dengan III mahasiswa mendapat perkuliahan dasar yang diasuh oleh pengelola Mata Kuliah Dasar Umum/Fakultas (MKDU/F), sedangkan pada Semester IV sampai dengan VIII mahasiswa mengikuti perkuliahan yang diasuh oleh masing-masing Jurusan: Jurusan Agronomi, Jurusan Ilmu Tanah, Jurusan Proteksi Tanaman dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Pada tahun 1983 dengan berpedoman pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0566/0/1983, nama-nama jurusan dirubah menjadi: Jurusan Budidaya Pertanian, Jurusan Tanah, Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Sejak tahun 1983 perkuliahan dasar terbagi menjadi 4 (empat) semester dan perkuliahan jurusan mulai semester V sampai dengan semester VIII.  Perkuliahan dasar dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Pengelola Kuliah Bersama (UPT-PKB). Dengan memperhatikan PP No. 30 Tahun 1990, maka sejak tahun 1991 UPT-PKB namanya diganti menjadi Kelompok Pelaksana Utama Pengelola Kuliah Bersama (KPU-PKB) dengan Surat Penugasan Dekan No. 2132/PT.10.H4.FP/E/1991 tanggal 25 Nopember 1991. Namun sejak tahun 1999 Unit Pelaksana Teknis Pengelola Kuliah Bersama (KPU-PKB) sudah ditiadakan.

Sejak tahun 1993 sampai dengan sekarang dengan berlandaskan pada peraturan yang berlaku No. 036/U/1993 tanggal 4 Pebruari 1993 tentang Gelar dan Sebutan  Lulusan Perguruan Tinggi, maka penggunaan gelar Ir untuk lulusan sarjana dari Fakultas Pertanian diganti sesuai dengan bidangnya sehingga gelarnya S.P. (Sarjana Pertanian) dan S.Pt (Sarjana Peternakan).

Berdasarkan hasil Kongres Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTI) dan melihat semakin berkurangnya minat para calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya pada Fakultas Pertanian, maka senat Fakultas Pertanian berinisiatif untuk mengabungkan Jurusan Budidaya Pertanian, Jurusan Tanah dan Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan menjadi bidang minat yang ada di Program Studi Agroekoteknologi, serta Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian menjadi Program Studi Agribisnis, hal ini diperkuat Surat yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 1785/D/T/2009, tanggal 5 Oktober 2009 tentang Perubahan/ penggabungan program studi bidang pertanian. Dengan penggabungan ini diharapkan dengan berubahnya nama jurusan tersebut akan mempunyai daya  tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa untuk kuliah pada Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, selain itu juga ada Program Studi Peternakan dan Program Studi Teknologi Pertanian juga masih berjalan Program Studi lama yang berada dibawah jurusan untuk menyelesaikan mahasiswa yang masih tersisa yakni : Program Studi Agronomi, Program Studi Ilmu Tanah, Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian dan Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.

Namun dengan berjalannya waktu dan melihat minat yang ada di masyarakat serta kebutuhan pengguna maka Program Studi Ilmu Tanah, Program Studi Agronomi dan Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan kembali akan mengaktifkan Program Studinya, hal ini diperkuat dengan masing-masing Program Studi tersebut menyiapkan Borang Akreditasinya kembali.

Sistem Pendidikan yang pernah dipergunakan pada Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat  sejak berdirinya dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut ini:

 

Tabel 1. 1. Perkembangan Sistem Pendidikan Di Fakultas Pertanian Sejak Awal Berdirinya Sampai dengan Sekarang

 

Periode Sistem Pendidikan Gelar Jurusan
1961 – 1977 Semi General Ir. (Insinyur)
1977 – 1979 Terminal BSc.Ir. –         Hayat
–         Hama dan Penyakit
–         Agronomi
–         Sosial Ekonomi
–         Ilmu Tanah
1980 – 1983 Sistem Kredit Semester Ir. –         Agronomi
–         Ilmu Tanah
–         Proteksi Tanaman
–         Sosial Ekonomi Pertanian
1983 – 1992 Sistem Kredit Semester Ir –         Budidaya Pertanian
–         Ilmu Tanah
–         Hama dan Penyakit Tumbuhan
–         Sosial Ekonomi Pertanian
1993 – 2008 Sistem Kredit Semester S.P –         Budidaya Pertanian
–         Ilmu Tanah
–         Hama dan Penyakit Tumbuhan
–         Sosial Ekonomi Pertanian
2009 – 2015 Sistem Kredit Semester –         PS. Agronomi
–         PS. Ilmu Tanah
–         PS. Hama dan Penyakit Tumbuhan
–         PS. Sosial Ekonomi Pertanian
–         PS. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
S.Pt –         PS. Peternakan
STP –         PS.Teknologi Industri Pertanian
SP –         PS. Agroekoteknologi
–         PS. Agribisnis
2015 – Sekarang Sistem Kredit Semester S.P –         PS. Agronomi
–         PS. Ilmu Tanah
–        PS. Hama dan Penyakit Tumbuhan
S.Pt –         PS. Peternakan
STP –         PS.Teknologi Industri Pertanian
SP –         PS. Agroekoteknologi
–         PS. Agribisnis

 

Dalam perkembangannya Fakultas Pertanian Unlam juga pernah menyelenggarakan pendidikan Diploma I (D-1), Diploma III (D-3), Program S1 Ekstensi, dan Program S2 Magister Pertanian (MP). Penyelenggaraan pendidikan Diploma diawali dengan Program Studi Agribisnis, Budidaya Pertanian, Produksi Ternak serta Hama dan Penyakit Tumbuhan untuk D-3, dan Program Pemberdayaan Masyarakat untuk D-1, yang disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan pasar kerja. Pada tahun 1998 program Diploma ini ditutup. Sejak tahun 2008 Fakultas Pertanian membuka Program S1 Non Regular (Ekstensi) pada Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan.

Pada tahun 1999 dengan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 189/DIKTI/Kep/1999 dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Fakultas Pertanian juga membuka Program Pascasarjana, yaitu Program Studi Agronomi yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan sumberdaya manusia, maka pada tahun 2002 telah dibuka Program Studi Ekonomi Pertanian.

Pada tahun 2001 dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 317/Dikti/Kep/2000 tanggal 7 September 2001 telah dibuka Program Studi Produksi Ternak.

Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Nomor 1021/UN8/SP/2015 tanggal 5 Nopember 2015, tentang Pembentukan Jurusan Teknologi Industri Pertanian dan Jurusan Peternakan, maka resmilah Program Studi Teknologi Pertanian menjadi Jurusan Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi Peternakan menjadi Jurusan Peternakan.

Periodisasi kepemimpinan di Fakultas Pertanian Unlam sejak tahun 1960 sampai dengan tahun 2016 dapat dilihat pada Tabel 1.2 di bawah ini:

 

Tabel 1. 2. Periodisasi Pimpinan Fakultas Pertanian sejak Tahun 1960 s.d 2016.

 

 

 Tahun

 

Jabatan Nama
1960 – 1961 Dekan Brigjend. H. Hasan Basry
Sekretaris Ir. Sampe Tanapa
1962 -1963 Dekan Ir. Sudibyo. S.
Sekretaris Ir. Isbagyo Karyadi
1964 -1965 Dekan Ir. Sudibyo. S.
Pembantu Dekan I Ir. W. Tampubolon
Pembantu Dekan II Hifni Redhani, B.Sc.
Pembantu Dekan III Ir. Mulyono Bunyamin
1966 – 1967 Dekan Ir. Moedrig Jahmadi
Pembantu Dekan I Ir. Supardi
Pembantu Dekan II Hifni Redhani, B.Sc.
Pembantu Dekan III Ir. MunarniTampubolon
1968 – 1969 Dekan Ir. Arifin
Pembantu Dekan I Ir. Supardi
Pembantu Dekan II Ir. Ahmad T. Kasdy
Pembantu Dekan III Ir. Husni Thamrin Jaya
1970 – 1971 Dekan Ir. Supardi
Pembantu Dekan I Ir. Eksir Mahfuyana
Pembantu Dekan II Ir. Ahmad T. Kasdy
Pembantu Dekan III Ir. M. Hazairin Noor

 

 

1972 – 1973 Dekan Ir. H. Moehansyah
Pembantu Dekan I Ir. R. Susanto Hadi
Pembantu Dekan II Ir. Asnawisyahnoor
Pembantu Dekan III Ir. Ismet Ahmad
1974 – 1975 Dekan Ir. Arifin
Pembantu Dekan I Ir. Asnawisyahnoor
Pembantu Dekan II Ir. Suranto. S.
Pembantu Dekan III Ir. Abdul Muin Jurindar
1976 -1977 Dekan Ir. R. Susanto Hadi
Sekretaris Ir. Syarifuddin Abdul Kasim
1978 – 1979 Dekan Ir. Juhrie Antap
Pembantu Dekan I Ir. H. Moehansyah
Pembantu Dekan II Ir. M. Hazairin Noor
Pembantu Dekan III Ir, M, Adriansyah Umar
1980 – 1982 Dekan Dr. Ir. Gusti Sarbini
Pembantu Dekan I Ir. R. Susanto Hadi
Pembantu Dekan II Ir. Abdul Muin Jurindar, M.Sc
Pembantu Dekan III Ir. Rahmadi.HT
1983 – 1986 Dekan Dr. Ir. Ismet Ahmad, M.Sc.
Pembantu Dekan I Ir. M. Hanafiah Aini, MS.
Pembantu Dekan II Ir. Syarifuddin Abdul Kasim
Pembantu Dekan III Ir. Bambang Magie Rayitno
1986 – 1989 Dekan Dr. Ir. Ismet Ahmad, M.Sc
Pembantu Dekan I Dr. Ir. Hj. Hakimah Halim, M.Sc
Pembantu Dekan II Ir. Syarifuddin Abdul Kasim
Pembantu Dekan III Ir. Yusuf Hilmi
1990 – 1992 Dekan Dr. Ir. Athaillah Mursyid, MS
Pembantu Dekan I Ir. Rachmadi
Pembantu Dekan II Ir. Suranto. S, MS
Pembantu Dekan III Ir. Yusuf Hilmi
1993 – 1996 Dekan Dr. Ir. Athaillah Mursyid, MS
Pembantu Dekan I Ir. Rahmadi. HT, MS
Pembantu Dekan II Ir. Suranto. S, MS
Pembantu Dekan III Ir. M. Fardiani
1997 – 2000 Dekan Ir. H. Muhammad Rasmadi, MS
Pembantu Dekan I Ir. Samharinto, SU
Pembantu Dekan II Ir. H. Hamberan, D, MS
Pembantu Dekan III Ir. Bambang Magie Rayitno, MS
2001 – 2003 Dekan Ir. H. Muhammad Rasmadi, MS
Dekan *) Prof. Dr. Ir. Hj. Hakimah Halim, M.Sc
Pembantu Dekan I Ir. Samharinto, SU
Pembantu Dekan II Ir. Suriani Ali, MS
Pembantu Dekan III Ir. M. Yamani Manhuri
*) Sehubungan dengan terpilihnya Dekan (Ir. H. Muhammad Rasmadi, MS) menjadi Pembantu Rektor I Universitas Lambung Mangkurat, maka dipilihlah Dekan baru sebagai Dekan Pengganti Antar Waktu sampai dengan berakhirnya periode Kepemimpinan Dekan.
2004 – 2007 Dekan Prof. Dr. Ir. Hj. Hakimah Halim, MSc
Pembantu Dekan I Ir. Samharinto, MS
Pembantu Dekan II Ir. Suriani Ali, MS
Pembantu Dekan III Ir. H. Hamdani , MS
Pembantu Dekan III *) Ir. H. Abdussamad, MS
*)  Sehubungan dengan terpilihnya Pembantu Dekan III (Ir. H. Hamdani, MS) menjadi Pembantu Rektor III Universitas Lambung Mangkurat, maka dipilihlah Pembantu Dekan III baru Sebagai Pembantu Dekan III Pengganti Antar Waktu sampai dengan berakhirnya periode Kepemimpinan Pembantu Dekan III.
2007 – 2011 Dekan Ir. Hj. Rodinah, MS
2008 – 2012 Pembantu Dekan I Ir. H. Syaifuddin, MS
Pembantu Dekan II Ir. H. Yusuf Azis, M.Sc
Pembantu Dekan III Ir. H. Abdussamad, MS
2011 – 2015 Dekan Prof. Dr. Ir. H. Luthfi, MS
2012 – 2016 Pembantu Dekan I Ir. H. Yusuf Azis, M.Sc
Pembantu Dekan II Ir. H. Abdussamad, MS
Pembantu Dekan III Ir. H. Zairin, MP
*)Sehubungan dengan disahkannya Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No. 42 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Lambung. Mangkurat maka Nomenklatur Pembantu Dekan I menjadi Wakil Dekan Bidang Akademik, Pembantu Dekan II menjadi Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Pembantu Dekan III menjadi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.*) Sehubungan dengan Wakil Dekan I (Ir.H. Yusuf Azis, M.Sc) melanjutkan Studi S3 ke Universitas Brawidjaya Malang, maka  dipilih Wakil Dekan I Pengganti Antar waktu  Prof.Dr.Ir. Danang Biyatmoko, M.Si sampai dengan berakhirnya periode Kepemimpinan Wakil Dekan I ( dilantik pada tanggal 2 Nopember 2015).
2015 – 2019 Dekan Prof. Dr. Ir. H. Luthfi, MS
 

2016 – 2020

Wakil Dekan Bidang Akademik Prof.Dr.Ir. Danang Biyatmoko, M.Si
Wakil Dekan Administrasi Umum Dan Keuangan Prof.Dr.Ir.H. Ismed Setya Budi, M.S. IPM
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Ir.H. Taufik Hidayat, M.Si