Pada Jumat, 01 Oktober 2021, Fakultas Pertanian ULM menyelenggarakan kuliah umum seri ke-10. Kuliah umum kali ini mengundang Bapak Edy Suprianto, S.P., M.Sc., Ph.D., yang merupakan Kepala Pusat Penelitian Karet PT. Riset Perkebunan Nusantara. Bapak Edy merupakan seorang peneliti yang bergelut pada bidang pemuliaan tanaman karet, penelitian beliau seperti menemukan klon karet yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan tetapi memiliki kualitan dan kuantitas lateks yang tinggi. Pada kuliah umum ini Bapak Edy memaparkan tentang bagaimana industri karet dapat berkembang terutama dengan memperhatikan sisi tanah, agronomi dan pengendalian hama penyakit tanaman. Selain itu, Industri karet bisa berkembang dengan adanya dukungan atau peran masyarakat terutama para petani dan praktisi. Hal tersebut karena industri karet sangat memiliki potensi untuk unggul, kualitas karet Indonesia termasuk dalam lima terbaik di dunia.

Peserta kuliah umum kali ini berasal dari berbagai kalangan dan asal daerah. Jumlah peserta yang hadir yaitu sekitar 270 orang. Hal ini menunjukkan tema ini menarik dan sangat penting untuk diangkat. Industri karet adalah industri yang secara pamor dengan kompetitornya yaitu kelapa sawit. Peserta yang hadir selain mahasiswa juga ada dari kalangan peneliti dan pemerintah provinsi serta ada pula  yang berasal dari pelaku usaha karet.

Kuliah umum seri ke-11 ini dibuka oleh Dekan Faperta ULM yaitu Bapak Dr. Ir. Bambang Joko Priatmadi, M.P., beliau  mengharapkan dari kuliah umum kali ini seluruh peserta yang ikut bisa mengambil peran dalam perkembangan industri karet Indonesia. Selain itu, Bapak Dekan juga berpesan sudah saatnya Industri karet Indonesia menjadi Industri yang besar sebab mengingat kondisi strategis dari Indonesia yang memiliki iklim tropis. Karet merupakan salah satu tanaman yang sudah lama diusahakan oleh masyarakat Indonesia dan ada yang diwariskan secara turun menurun. Berdasarkan hal tersebut kuliah umum ke-11 ini ibarat sumbu lampu yang tepat untuk dinyalakan kembali.

Related Posts