Pada 15 September 2021, Fakultas Pertanian ULM menyelenggarakan kuliah umum seri ke-9. Kuliah umum kali ini mengundang Bapak Prof. Dr. Ir. Udin Hasanudin, M.T., yang merupakan Guru Besar Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat. Bapak Udin merupakan seorang peneliti pada bidang pengelolaan limbah industri kelapa sawit. Pada kuliah umum ini Bapak Udin memaparkan tentang potensi dan bagaimana pengelolaan limbah yang tepat pada bidang industri kelapa sawit. Pemanfaatan limbah dari industi kelapa sawit sebenarnya sudah banyak dilakukan sebagai konsep zero waste. Konsep zero waste sangat baik untuk perbaikan kualitas dan meningkatakan kuantitas produksi pertanian. Konsep ini dikarenakan pemberian limbah kelapa sawit dianggap mampu meningkatkan kandungan bahan organik dan hara tanah.

Kuliah umum seri ke-9 ini dibuka oleh Dekan Faperta ULM yaitu Bapak Dr. Ir. Bambang Joko Priatmadi, M.P., beliau sangat antusias terhadap materi ini. Beliau mengharapkan dari kuliah umum kali ini mahasiswa bisa tertarik untuk lebih banyak meneliti tentang limbah kelapa sawit pada perkebunan sawit di lahan basah. Hal tersebut dikarenakan di Kalimantan sendiri perkebunan kelapa sawit cukup berkembang. Untuk itu kuliah umum kali ini akan menjadi pemicu bagi mahasiswa untuk lebih menggali pemanfaatan limbah kelapa sawit sebagai pupuk organik.

Peserta kuliah umum kali ini berasal dari berbagai kalangan dan asal daerah. Jumlah peserta yang hadir yaitu sekitar 250 orang. Hal ini menunjukkan tema ini sangatlah penting dan menarik untuk dibahas. Peserta yang hadir selain mahasiswa juga ada dari pihak perkebunan swasta dan beberapa praktisi dibidang perkebunan.

Related Posts