Webinar Persiapan Generasi Milenial di Dunia Karir dari Tim Kerja UPKH

Generasi milenial atau yang juga bisa disebut generasi “Y” adalah generasi yang terlahir pada 1980 hingga tahun 2000-an. Generasi memegang peranan penting karena generasi ini akan terus mendominasi karena 25,87% penduduk Indonesia merupakan generasi milenial (tempo.co). Generasi milenial memiliki impian sama seperti generasi-generasi sebelumnya seperti punya rumah, uang pensiun, karir yang mapan, serta keluarga. Akan tetapi, generasi milenial memiliki krisisnya sendiri di zamannya yaitu sulitnya mencari pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi.

Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah pengangguran dari lulusan perguruan tinggi (alumnus) baik tingkat diploma maupun sarjana. Salah satu faktornya adalah kebanyakan alumnus tidak dapat “menggambarkan” kualitas personal yang dibutuhkan oleh setiap instansi/perusahaan yang memang mempunyai standar perekrutan karyawannya masing-masing. Oleh karena itu, tim kerja Unit Pengelola Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (UPKH Faperta ULM) berusaha memberi fasilitas webinar untuk memberikan solusi kepada alumni baik yang berasal dari internal maupun masyarakat umum di luar dari lingkungan Faperta ULM.

Webinar tim kerja UPKH Faperta ULM mengusung tema “Persiapan Generasi Milenial di Dunia Kerja”. Tim kerja UPKH mendatangkan 2 narasumber praktisi profesional yang sudah lama berkecimpung dalam permasalahan para pencari kerja di dunia karir. Dio Rizky Anamisa yang akrab disapa “Mba Dio” dan Jainal Ilmi, M.Psi yang disapa “Bang Jay”. Mba Dio sekarang bekerja di ZEN Rooms Indonesia sebagai Regional Human Resources Manager dan Bang Jay merupakan Founder Media & Digital Platform Catatan Psikologi dan Direktur Tangguh Training & Consulting.

Mba Dio memberikan materi mengenai “Building Professional CV & Preparing Interview Process“. Materi ini sangat krusial dalam tahap perekrutan karyawan. Instansi/perusahaan sekarang memiliki Applicant Tracking System (APS) untuk mempermudah seleksi CV para pencari lowongan yang jumlahnya banyak. Desain CV harus mudah dibaca, jadi tidak memerlukan banyak menggunakan aksen grafis atau motif. Font yang diminati yaitu formal, warna hitam dengan ukuran 11 , dan latar belakang CV putih saja sudah cukup. Adapun Bang Jay membri materi lebih kepada “Manajemen Stress dan Membangun Mental pada Masa Awal Karir”. Manajemen stres dan membangun mental sangat penting pada masa awal karir agar stres yang muncul tidak menimbulkan dampak negatif yang berlebihan sehingga merugikan diri sendiri. Sebaliknya, stres harus dikelola agar stres tersebut memiliki dampak yang bermanfaat sehingga dapat memotivasi diri untuk lebih mau dan semangat dalam mencapai sesuatu.

Webinar  ini ternyata sangat diminati oleh para milenial terbukti dari 291 pendaftar ada 149 orang yang berhadir dalam webinar tersebut. Pendaftar webinar ini berasal dari 118 instansi yang berbeda baik dari instansi perguruan tinggi ataupun instansi yang lain dan terserbar dari Pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Papua dan Kepulauan Nusa Tenggara. Pendaftar sebagian besar berasal dari perguruan tinggi dengan rincian asal instansi sebagai berikut : 75% perguruan tinggi, 13% SMP/SMA/SMK, 8% Umum dan 4% Karyawan/Wirausaha. Persentase jumlah pendaftar ini juga sesuai dengan krisis jumlah pengangguran diploma dan sarjana Indonesia.

Related Posts