Jumat, 28 Mei 2021. Fakultas Pertanian ULM melaksanakan kegiatan rutin berupa kuliah umum yang ketiga. Kuliah umum yang ketiga ini mengangkat tema Emisi Gas Rumah Kaca dari Lahan Gambut yang di Drainase untuk Budidaya Kelapa Sawit. Tema ini sangat menarik untuk diangkat sebab isu tentang penggunaan lahan gambut untuk perkebunan sawit sangatlah sensitif sebab selain merusak lingkungan secara fisik, juga dianggap dapat menghasilkan gas-gas rumah kaca.

Kuliah umum yang ketiga ini diberikan oleh Prof. Ir. H. Supiandi Sabiham, M.Agr. yang mana beliau  merupakan peneliti dan ketua umum dari HGI (Perkumpulan Masyarakat Gambut Indonesia). Beliau memaparkan tentang bagaimana kondisi lingkungan dari kegiatan perkebunan kelapa sawit di lahan gambut. Beliau juga menunjukkan hasil-hasil penelitian beliau yang dilakukan pada perkebunan kelapa sawit di lahan gambut Sumatera dan Kalimantan.

Kuliah umum dilaksanakan secara daring melalui via zoom dengan jumlah peserta sebanyak 149 orang. Peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa, dosen, praktisi dan lembaga pemerintah, baik yang berasal dari ULM sendiri dan juga dari luar ULM. Pelaksaan secara daring ini tidak membatasi interaksi antar pemateri dan peserta sebab adanya sesi diskusi sehingga banyak hal yang digali dan disampaikan peserta secara langsung ataupun melalui room chat. Salah satunya oleh ibu Sri Endah yang menyampaikan harusnya informasi-informasi yang baik dan bermanfaat seperti yang dipaparkan oleh Prof. Supiandi Sabiham harus disebar luaskan agar khalayak luas tahu bagaimana sebenarnya emisi gas rumah kaca di lahan gambut.

Kegiatan kuliah umum kali ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian, ULM yaitu Bapak Dr. Ir. H. Bambang Joko Priatmadi, M.P., beliau menyampaikan bahwa kuliah umum ini sangatlah peting dalam menambah wawasan mahasiswa ULM terutama dalam pengelolaan lahan gambut yang merupakan bagian dari lahan basah. Pengelolaan lahan basah merupakan salah satu bagian yang harus dipahami dan dimengerti oleh mahasiswa ULM karena ini bagian dari visi universitas. Bapak Dekan juga berkata “kegiatan ini akan selalu dilaksanakan agar wawasan berkembang, tidak hanya dari perkuliahan rutin di kelas saja tetapi bisa juga diperoleh dari kuliah umum seperti hari ini”. (MR)

Related Posts