Banjarbaru – Selasa (6/4/2021). Fakultas Pertanian ULM melaksanakan kuliah umum yang kedua dengan tema Penerapan Bioteknologi untuk Pertanian Berkelanjutan di Lahan Basah. Kuliah umum ini merupakan serangkaian kegiatan dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa, peneliti, akademisi dan praktisi dalam penerpan bioteknologi terutama di Lahan Basah. Bioteknologi memiliki manfaat yang besar dalam segala bidang ke ilmuan sebab bioteknologi bisa diterapkan pada kegiatan pertanian di proses hulu hingga hilir. Kuliah umum ini dihadiri 200 orang dari berbagai kalangan yang tidak hanya berasal dari Fakultas Pertanian ULM saja, tetapi ada pula dari instansi di luar ULM.

Kuliah umum ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian yaitu Dr. Ir. Bambang Joko Priatmadi, M.P., dimana pada sambutan beliau mengatakan “Kegiatan kuliah umum ini sangat relevan dengan visi ULM yaitu terwujudnya ULM sebagai Universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan Lahan Basah. Kuliah umum ini dimaksudkan untuk melengkapi kuliah terstruktur yang mana sebagai bagai terciptanya pembelajaran yang kondusif, dalam mencapai visi misi yang ada”.

Kuliah umum ini dimoderatori oleh Dr. Ir. Fakhur Razie, M.Si. dan narasumber kuliah umum yaitu Prof. Dr. Ir. Didiek Hadjar Goenadi, M.Sc. yang merupakan peneliti senior pada Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia. Prof . Didiek sudah banyak menghasilkan penelitian dan mendapat penghargaan dari bidang Bioteknologi terutama terhadap teknologi pupuk hayati. Pada materinya beliau banyak membagikan informasi tentang apa saja bioteknologi yang sudah ada dan dihasilkan Puslit pada Lahan Basah terutama pada varietas tanaman adaftif Lahan Basah, perbaikan mutu tanah di lahan basah melalui amelioran dan pupuk hayati yang tujuannya untuk peningkatan kinerja pertumbuhan serta produksi tanaman di Lahan Basah (MR)

Related Posts