Tanggal 30 Agustus 2020 yang lalu telah dilakukan kegiatan P2M yang diketuai Noor Khamidah, S.Si.,M.P, dengan anggota ; Noor Laili Aziza, S.P.,M.P serta mahasiswa; Ainur Rofiq dan Ita Oktavianingsih (angkatan 2016) dari Program Studi Agroekoteknologi. Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan mengenai prilaku hidup sehat dimasa pandemi covid-19 yaitu berupa edukasi cuci tangan dan penyerahan instalasi alat cuci tangan/wastafel otomatis. Selain itu, dilakukan pula pelatihan pembuatan handsanitizer dari bahan alami (sirih, lidah buaya, serai wangi, kemangi, dan lain-lain).

Kepedulian akan kesehatan sangat diperlukan saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, terutama bagi para santri yang menimba ilmu dengan tetap harus masuk asrama. Berdasarkan hal ini kegiatan pengabdian prilaku hidup sehat dilakukan. “Pondok pesantren Tahfizh Al Qur’an Al Anshari di desa Batu Tungku Pelaihari Kab. Tanah Laut, menjadi lokasi yang kami pilih. Saya selaku ketua sangat berharap kegiatan ini bisa menjadi pelopor bagi masyarakat sekitar Batu Tungku untuk hidup sehat dan Saya juga berharap ini menumbuhkan rasa kepedulian kita semua terhadap saudara disekitar kita atau bisa dikatakan Batu Tungku ” ujar Noor Khamidah, S.Si, M.P. selaku Ketua Pelaksana dan Dosen Program Studi Agroekoteknologi.

Kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk salah satu bukti kerja dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Pengabdian ini juga akan menjadi salah satu langkah dalam mendukung program pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. Inilah bentuk konkrit dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat.

Related Posts