Logo-Unlam

PEDOMAN SATUAN KREDIT KEGIATAN MAHASISWA (SKKM)

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

 

 PENDAHULUAN

Berdasarkan Undang undang Nomor 20 thn 2013 tentang Sistem Pendidikan  Nasional, bahwa pendidikkan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk berkembanghnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Lulusan Perguruan Tinggi dituntut memiliki Academioc knowledge, Skill of Thinking, Management Skill dan Communication Skill., Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya mutu lulusan (Ditjend Diktyi 2010).

Mahasiswa merupakan salah satu komponen civitas akademika, yang dalam kegiatannya bertumpu pada Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Proses tersebut, disamping pelaksanaannya terkait dengan kurikulum perkuliahan, dapat pula dilakukan melalui kegiatan oreganisasi kemahasiswaan baik intra maupun  ekstra kampus.  Organisasi kemahasiswaan intra dan ekstra kampus merupakan wahana dan tempat pengembangan diri mahasiswa ke arah peningkatan ke empat keterampilan tersebut diatas. Mahasiswa yang aktif  di berbagai kegiatan organisasi  kemahasiswaan, dapat  mempelajari nilai-nilai profesional (profesional values), tatakrama (attitudes), perilaku dan etika (behavior and ethics), pengelolaan informasi,  serta berpikir kritis yang belum tentu didapatkan melalui kegiatan intra kurikuler (kuliah dan praktikum) saja.

Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM). adalah ukuran aktivitas/ kegiatan ekstra / intra / ko / kurikuler mahasiswa dalam melaksanakan  seluruh kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. SKKM juga merupakan salah satu bentuk reward and punishment yang diperoleh mahasiswa dalam menjalankan atau tidak menjalankan aktivitasnya. Mahasiswa yang aktif melaksanakan kegiatan organisasi kemahasiswaan ini  diberikan penghargaan sejumlah angka kredit yang jumlah minimalnya ditentukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti yudisium.

 

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberlakuan Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa adalah :

  1. Memacu dan memberikan penghargaan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Meningkatkan mutu mahasiswa dan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat.

 

RUANG LINGKUP SATUAN KREDIT KEGIATAN MAHASISWA

Berdasarkan hasil rapat  koordinasi PR III, PD III, Kabag Kemahasiswaan dan Kasubbag Kemahasiswaan se Universitas Lambung Mangkurat tanggal 19 Pebruiari 2014  diputuskan untuk menerapkan SKKM dengan ruang  lingkup kegiatan dan nilai minimalnya masing-masing sebagai berikut :

  1. Seminar Pengembangan Motivasi / Minat/ Bakat 10,0
  2. Keagamaan 10,0
  3. Mengikuti Kegiatan Keprofesian 10,0
  4. Perlombaan 0 (boleh tidak ada)
  5. Pengabdian pada Masyarakat 10,0
  6. Menjadi Pengurus Organisasi 0 (boleh tidak ada)
  7. Mengikuti Kegiatan Ilmiah/ Pengembangan Keprofesian 10,0
  8. Kepanitiaan 10,0 dan
  9. Lain-lain 0 (boleh tidak ada)

 

 

 

 

PENILAIAN

  1. Seminar Pengembangan Motivasi / Minat/ Bakat (min. 10,0 point)
No. Bentuk Kegiatan Nilai SKKM Dokumen Bukti Jumlah Keikutsertaan Total SKKM
1. Peserta Seminar Motivasi, Minat dan Bakat 5,0 Sertifikat/  Surat Ket. / Buku Seminar
2. Narasumber Seminar Motivasi, Minat dan Bakat 15,0 Sertifikat/  Surat Ket. / Buku Seminar

 

 

  1. Keagamaan ( 10,0 point)
No. Bentuk Kegiatan Nilai SKKM Dokumen Bukti Jumlah Keikutsertaan Total SKKM
1. Mengikuti Kajian keagamaan intra kampus 10,0 Sertifikat / Surat Ket.
2. Menjadi mentor keagamaan 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
3. Mengikuti Perayaan Hari Besar Keagamaan 10,0 Sertifikat/ Surat Ket.

 

 

  1. Kegiatan Keprofesian di bidang pertanian (min. 10,0 point)
No. Bentuk Kegiatan Tingkat Nilai SKKM Dokumen Bukti Jumlah Keikutsertaan Total SKKM
1. Mengikuti Seminar Jurusan 5,0 Sertifikat/ Surat Ket.
2 Mengikuti Seminar Fakultas 10,0 Sertifikat/ Surat Ket.
3 Mengikuti Seminar Wilayah/  Regional 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
4 Mengikuti Seminar Nasional 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
5 Mengikuti Seminar Internasional 25,0 Sertifikat/ Surat Ket.
6. Workshop/ Pelatihan Intrafakultas 10,0 Sertifikat/ Surat Ket.
7. Workshop/ Pelatihan Wilayah/ Regional 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
8. Workshop/ Pelatihan Nasional 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
9 Penyaji Materi sesuai profesi Tingkat Prodi / Jur 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
10 Penyaji Materi sesuai profesi Tingkat Fakultas 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
11 Penyaji Materi sesuai profesi Tingkat Universitas 25,0 Sertifikat/ Surat Ket.
12 Penyaji Materi sesuai profesi Tingkat Regional 30,0 Sertifikat/ Surat Ket.
13 Penyaji Materi sesuai profesi Tingkat Nasional 35,0 Sertifikat/ Surat Ket.
14 Penyaji Materi sesuai profesi Tingkat Internasional 40,0 Sertifikat/ Surat Ket.

 

  1. Perlombaan selain kegiatan ilmiah (boleh tidak ada)
No. Bentuk Kegiatan Tingkat Nilai SKKM Dokumen Bukti Jumlah Keikutsertaan Total SKKM
1. Mengikuti Lomba Fakultas 5,0 Sertifikat/ Surat Ket.
2. Mengikuti Lomba Universitas 10,0 Sertifikat/ Surat Ket.
3. Mengikuti Lomba Regional/ Wilayah 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
4. Mengikuti Lomba Nasional 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
5. Peraih Juara 1,2, atau 3 pada kegiatan lomba Fakultas 5,0 Sertifikat/ Surat Ket.
6. Peraih Juara 1,2, atau 3 pada kegiatan lomba Universitas 10,0 Sertifikat/ Surat Ket.
7. Peraih Juara 1,2, atau 3 pada kegiatan lomba Regional/ Wilayah 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
8.. Peraih Juara 1,2, atau 3, atau Honorable Mention pada kegiatan lomba Nasional 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
9. Peraih Juara 1,2, atau 3, atau Honorable Mention pada kegiatan lomba Internasional 25,0 Sertifikat/ Surat Ket.

 

 

 

  1. Pengabdian pada Masyarakat (min. 10,0  point)
No. Pelaksana Kegiatan Nilai SKKM Dokumen Bukti Jumlah Keikutsertaan Total SKKM
1. Organisasi intra fakultas – P2M wilayah  Banjarbaru 10,0 Sertifikat/ Surat Ket.
2. Organisasi intra fakultas – P2M luar wilayah  Banjarbaru (wilayah Kalimantan Selatan) 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
3. Organisasi intra fakultas – P2M Nasional 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
4. Organisasi ekstra fakultas – P2M wilayah  Banjarbaru 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
5. Organisasi ekstra fakultas – P2M luar wilayah  Banjarbaru (wilayah Kalimantan Selatan) 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
6. Organisasi ekstrafakultas – P2M Nasional 25,0 Sertifikat/ Surat Ket.

 

  1. Menjadi Pengurus Organisasi (boleh tidak ada))
No. Bentuk Kegiatan Tingkat Nilai SKKM Total SKKM Dokumen Bukti
1. Anggota Pengurus Divisi/ Departemen HIMA PRODI  15,0 SK / Surat Pernyataan
2 Koordinator Divisi/ Departemen 20,0 SK / Surat Pernyataan
3 Bendahara 25,0 SK / Surat Pernyataan
4. Sekretaris Umum / Sekjen 25,0 SK / Surat Pernyataan
5. Wakil Ketum 30,0 SK / Surat Pernyataan
6 Ketua Umum 35,0 SK / Surat Pernyataan
7. Anggota Pengurus Divisi UKMF 15,0 SK / Surat Pernyataan
8. Koordinator Divisi 20,0 SK / Surat Pernyataan
9. Bendahara 25,0 SK / Surat Pernyataan
10. Sekretaris / Sekjen 25,0 SK / Surat Pernyataan
11. Wakil Ketua / Pimpinan Redaksi 30,0 SK / Surat Pernyataan
12. Ketua 35,0 SK / Surat Pernyataan
13. Anggota Divisi/ Komisi/ Bidang/ Departemen BEM/BLMFakultas

 

20,0 SK / Surat Pernyataan
14. Koordinator Divisi/ Komisi/ Bidang/ Departemen 25,0 SK / Surat Pernyataan
15. Bendahara 30,0 SK / Surat Pernyataan
16. Sekretaris / Sekjen 30,0 SK / Surat Pernyataan
17. Wakil Ketua 35,0 SK / Surat Pernyataan
18. Ketua 40,0 SK / Surat Pernyataan
19. Anggota Divisi BEM/DPM/UKM Universitas 20,0 SK / Surat Pernyataan
20. Koordinator Divisi 30,0 SK / Surat Pernyataan
21. Bendahara 30,0 SK / Surat Pernyataan
22. Sekretaris / Sekjen 30,0 SK / Surat Pernyataan
23. Wakil Ketua 35,0 SK / Surat Pernyataan
24. Ketua 40,0 SK / Surat Pernyataan
25. Anggota Divisi Organisasi Keprofesian Ekstra kampus –Tingkat Daerah 20,0 SK / Surat Pernyataan
26. Koordinator Divisi 30,0 SK / Surat Pernyataan
27. Bendahara 30,0 SK / Surat Pernyataan
28. Sekretaris / Sekjen 30,0 SK / Surat Pernyataan
29. Wakil Ketua 30,0 SK / Surat Pernyataan
30. Ketua 40,0 SK / Surat Pernyataan
25. Anggota Divisi Organisasi Keprofesian  Tingkat Regional 25,0 SK / Surat Pernyataan
26. Koordinator Divisi 35,0 SK / Surat Pernyataan
27. Bendahara 35,0 SK / Surat Pernyataan
28. Sekretaris / Sekjen 35,0 SK / Surat Pernyataan
29. Wakil Ketua 35,0 SK / Surat Pernyataan
30. Ketua 45,0 SK / Surat Pernyataan
25. Anggota Divisi Organisasi Keprofesian   Tingkat Nasional 25,0 SK / Surat Pernyataan
26. Koordinator Divisi 35,0 SK / Surat Pernyataan
27. Bendahara 35,0 SK / Surat Pernyataan
28. Sekretaris / Sekjen 35,0 SK / Surat Pernyataan
29. Wakil Ketua 35,0 SK / Surat Pernyataan
30. Ketua 45,0 SK / Surat Pernyataan

 

  1. Mengikuti Kegiatan Ilmiah/ Pengembangan Keprofesian (min. 10,0 point)
No. Bentuk Kegiatan Nilai SKKM Dokumen Bukti Jumlah Keikutsertaan Total SKKM Ket.
1. Menulis PKM 5 Bidang 10,0 Proposal  yang telah disahkan.
2 PKM 5 Bidang yang diikuti berhasil didanai 15,0 SK / surat Ket
3 PKM 5 Masuk Pimnas 20,0 SK / surat Ket
4. Peraih Juara 1,2,3  PKM 5 Bidang pada Pimnas 30,0 Sertifikat/ Surat Ket.
5. Menulis karya tulis untuk LKTI  tingkat fakultas 10,0 Proposal Penelitian yang telah disahkan.
6.  Menulis karya tulis untuk LKTI  tingkat Universitas 15,0 Proposal Penelitian yang telah disahkan.
7. Menulis karya tulis untuk LKTI  tingkat Regional 20,0 Proposal Penelitian yang telah disahkan.
8. Menulis karya tulis untuk LKTI  tingkat Nasional 25,0 Proposal Penelitian yang telah disahkan.
9. Menulis karya tulis untuk LKTI  tingkat Internasional 30,0 Proposal Penelitian yang telah disahkan.
10. Pemenang 1, 2, 3, LKTI tingkat fakultas 10,0 Sertifikat / surat Ket
11. Pemenang 1, 2, 3, LKTI tingkat Universitas 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
12. Pemenang 1, 2, 3, LKTI tingkat Regional 20,0 Sertifikat / surat Ket
13. Pemenang 1, 2, 3, LKTI tingkat Nasional 25,0 Sertifikat/ Surat Ket.
14. Pemenang 1, 2, 3, LKTI tingkat Internasional 30,0 Sertifikat/ Surat Ket.
15. Menulis PKM AI/GT 10,0 Makalah yang telah disahkan
16. PKM AI/GT berhasil didanai 15,0 SK Dikti
17. PKM AI/GT Masuk Pimnas 20,0 SK Dikti
18. Peraih Juara 1, 2, 3 PKM AI/GT pada Pimnas 25,0 Sertifikat
19.. Publikasi Journal Non-Akreditasi Nasional 25,0 Abstrak Jurnal
20. Publikasi Journal Akreditasi Nasional 30,0 Abstrak Jurnal
21. Publikasi Journal Internasional 35,0 Abstrak Jurnal
22. Memiliki Hak atas Kekayaan Intelektual 50,0 Sertifikat
23. Menulis artikel/ opini di Koran Lokal 10,0 Koran
24. Menulis artikel/ opini di Koran Nasional 15,0 Koran
25. Menulis artikel/ opini di Koran International 20,0 Koran

 

  1. Kepanitiaan (min. 10,0 point)
No. Ruang Lingkup Kegiatan Tingkat Jabatan Nilai SKKM Dokumen Bukti
1. Intra fakultas Prodi/ Jur Anggota Seksi 10,0 Sertifikat/ SK/ST
2 Koordinator Seksi/Bendahara/Sekretaris 15,0 Sertifikat/ SK/ST
3 Ketua dan Wakil Pelaksana 20,0 Sertifikat/ SK/ST
4. Fakultas Anggota Seksi 15,0 Sertifikat/ SK/ST
5. Koordinator Seksi/Bendahara/Sekretaris 20,0 Sertifikat/ SK/ST
6 Ketua dan Wakil Pelaksana 25,0 Sertifikat/ SK/ST
7.  Ekstra fakultas Universi tas/ Daerah Provinsi Anggota Seksi 20,0 Sertifikat/ SK/ST
8. Koordinator Seksi/Bendahara/Sekretaris 25,0 Sertifikat/ SK/ST
9. Ketua dan Wakil Pelaksana 30,0 Sertifikat/ SK/ST
10. Wilayah/ Regional/ Anggota Seksi 25,0 Sertifikat/ SK/ST
11. Koordinator Seksi/Bendahara/Sekretaris 30,0 Sertifikat/ SK/ST
12. Ketua dan Wakil Pelaksana 35,0 Sertifikat/ SK/ST
13. Nasional Anggota Seksi 40,0 Sertifikat/ SK/ST
14. Koordinator Seksi/Bendahara/Sekretaris 45,0 Sertifikat/ SK/ST
15. Ketua dan Wakil Pelaksana 50,0 Sertifikat/ SK/ST

 

  1. Lain-lain ( boleh tidak ada)
No. Bentuk Kegiatan Jumlah SKKM Jumlah Keikutsertaan Total SKKM
1. Menjadi Asisten dosen / Asisten Penelitian dosen (/ mk./ sem / judul). 20,0 SK/ ST. ; Sertifikat/ Surat Ket.
2. Menjadi ketua kelas (/ mk./sem) 20,0 SK/ ST. ; Sertifikat/ Surat Ket.
3. Menjadi ketua Komisaris tingkat (/sem) 15,0 SK/ ST. ; Sertifikat/ Surat Ket.
4. Menjadi wakil ketua/ sekretaris/ bendahara Komisaris tingkat (/sem) 10,0 SK/ ST. ; Sertifikat/ Surat Ket.
5. Mengikuti kegiatan musyawarah besar / rapat kerja / upgrading suatu organisasi (bukan pengurus). 10,0 Sertifikat/ Surat Ket.
6. Mengikuti acara dengar pendapat calon ketua/ kakil ketua pada pemilihan umum suatu organisasi 5,0 Sertifikat/ Surat Ket.
7. Mengikuti acara lain (tiap kegiatan) 5,0 Sertifikat/ Surat Ket.
8. Penyaji Materi yang tidak sesuai profesi Tingkat Prodi / Jur 15,0 Sertifikat/ Surat Ket.
9. Penyaji Materi yang tidak sesuai profesi Tingkat Fakultas 20,0 Sertifikat/ Surat Ket.
10. Penyaji Materi yang tidak sesuai profesi Tingkat Universitas 25,0 Sertifikat/ Surat Ket.
11. Penyaji Materi yang tidak sesuai profesi Tingkat Regional 30,0 Sertifikat/ Surat Ket.
12 Penyaji Materi yang tidak sesuai profesi Tingkat Nasional 35,0 Sertifikat/ Surat Ket.
13. Penyaji Materi yang tidak sesuai profesi Tingkat Internasional 40,0 Sertifikat/ Surat Ket.

 

Petunjuk Pelaksanaan SKKM

  1. SKKM ini merupakan salah satu syarat mengikuti
  2. Point minimal SKKM yang harus dipenuhi mahasiswa sebesar 150,0 SKKM
  3. SKKM diberlakukan pada mahasiswa Fakultas Pertanian mulai angkatan 2015
  1. Penilaian dilakukan oleh Sub Bagian Kemahasiswaan dengan mempertimbangkan bukti-bukti yang diberikan mahasiswa bersangkutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukannya.
  2. Kredit point yang diakui adalah kegiatan yang telah disahkan oleh petugas penyelenggara/ panitia dan diverifikasi oleh dosen Penasihat Akademik/ Pembimbing yang bersangkutan.
  1. Apabila terdapat kegiatan atau penghargaan yang belum dicantumkan pada pedoman ini akan ditentukan kemudian berdasarkan usulan dari Panitia Penilai dan mendapatkan persetujuan dari Deka

 

PENUTUP

Demikian Pedoman Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) ini dibuat agar  dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.  Hal- hal yang belum jelas/ terdapat kekurangan/ kesalahan dalam panduan ini akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Dekan,

ttd

 

Prof. Dr. Ir. H. Luthfi, MS.

NIP. 19621205 198803 1 003

 

­

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *